Categories
Dekorasi Rumah

8 Desain Rumah Minimalis Sederhana Idaman Istri

Desain Rumah Minimalis Sederhana Idaman Istri

Setiap orang pastinya memimpikan sebuah rumah dengan kondisi terbaik dan nyaman untuk ditinggali. Tak jarang banyak yang menggunakan konsep desain rumah minimalis. Konsep tersebut memang sedang digemari oleh kebanyakan orang saat ini.

Beberapa orang yang menggunakan konsep tersebut memang ingin memanfaatkan area lahan yang terbatas. Akan tetapi tetap bisa memiliki bentuk rumah dengan desain terbaik. Jika Anda memang ingin membuat rumah dengan konsep minimalis, simak beberapa desain rumah minimalis berikut ini.

Desain Rumah Minimalis Idaman Istri

Ingin membangun rumah untuk istri dan anak-anak? Coba cek ide desain rumah di bawah ini. 

  1. Konsep Rumah Menyatu dengan Alam

Meskipun memiliki area lahan yang cukup terbatas. Ternyata Anda masih bisa memasukkan unsur alam dalam rumah Anda. Beberapa orang menyebutkan rumah semi rustic. Dimana Anda bisa mencoba memadupadankan beberapa elemen kayu.

Misalnya, Anda bisa menggunakan dinding kayu sebagai interiornya. Interior tersebut akan lebih menyatu lagi jika disandingkan dengan dinding yang berwarna putih maupun abu-abu. Selanjutnya bagian lantai bisa menggunakan warna ubin abu-abu agar bisa selaras dengan warna dinding.

Tak hanya itu saja, Anda bisa mencoba untuk mendekorasi bagian langit-langit rumah dengan sentuhan kayu. Agar terlihat lebih cantik lagi, sebaiknya diberikan sentuhan beberapa furniture pelengkap ruangan. Contohnya saja sofa dan lukisan pemandangan yang menunjukkan unsur alam.

Bahkan Anda juga bisa menambahkan hiasan foto dengan warna pigura yang tidak terlalu kontras dengan warna dinding. Sebagai saran, akan lebih baik jika menggunakan warna hitam. Berikan sentuhan hijau pada beberapa bagian rumah, misalnya pada bantal sofa. Hal ini berguna agar konsep alam lebih terasa.

  • Konsep Rumah Interior Bersih

Jika Anda memiliki impian memiliki rumah dengan hanya memiliki 1 buah lantai saja. Maka Anda juga harus memikirkan interior seperti kursi tamu minimalis yang akan digunakan. Pasalnya rumah 1 lantai akan lebih terasa padat jika interior yang digunakan tidak ditata dengan baik.

Nah tugas Anda ketika membangun konsep rumah satu lantai tentunya pemikiran “clean interior” harus ada. Maksudnya adalah pembagian ruang ketika proses pembangunan harus diperhatikan dengan baik.

Sebenarnya rumah satu lantai memang lebih ditekankan pada pembagian ruangan. Jika pembagian ruangan bisa tertata dengan baik. Maka kesan padat pun akan hilang. Terlebih lagi jika Anda memasukkan warna soft pada bagian rumah.

Dimulai dari warna dinding yang menggunakan warna putih atau pemilihan warna sofa yang lebih mendukung, seperti warna abu-abu. Bahkan Anda juga bisa menambahkan beberapa sentuhan tumbuhan hijau di dalamnya.

Namun jangan terlalu banyak agar tidak menimbulkan kesan padat. Cukup pada bagian ruang tamu saja yang diberikan sentuhan tumbuhan hijau. Agar atap rumah terlihat lebih tinggi dan gagah. Anda juga bisa memilih bentuk jendela persegi panjang yang menghadap vertikal agar terkesan lebih tinggi.

  • Konsep Rumah Minimalis Terlihat Luas

Pernahkah Anda melihat rumah minimalis terlihat sempit? Ya, hal ini disebabkan karena tidak memanfaatkan beberapa elemen tambahan agar rumah tetap terlihat luas. Sebenarnya Anda bisa menggunakan pintu kaca yang menghadap ke lingkungan luar.

Penggunaan pintu ini sebenarnya sangat penting sekali. Selain bisa memudahkan cahaya matahari masuk kedalam rumah. Ternyata pintu kaca juga bisa menjadikan mata memiliki sebuah ilusi.

Ketika seseorang berada didalam rumah dan menghadap ke arah pintu kaca. Maka kesan yang ditimbulkan adalah kesan luas dari keseluruhan rumah tersebut. Selain itu, hal lain yang terpenting dari konsep ini adalah penataan ruangan.

  • Rumah Konsep Minimalis dengan 2 Lantai

Lahan yang terbatas tetap bisa dimanfaatkan dengan baik dalam pembuatan rumah. Anda bisa mencoba untuk membuat rumah 2 lantai. Walaupun lahan terbatas namun dengan konsep 2 lantai bisa sedikit membantu untuk ruang gerak.

Lagi-lagi hal yang harus diperhatikan adalah penataan ruang. Dimulai dari pembagian ruang pada lantai dasar yaitu adanya ruang tamu, toilet, hingga dapur. Dengan space yang tidak terlalu luas pembagian ruang pada lantai dasar seperti ini tidak akan menimbulkan kesan sempit.

Selanjutnya adalah pembagian lantai 2 dimana pembagian ruang hanya untuk kamar tidur. Untuk kamar tidur sebenarnya bisa disesuaikan dengan luas area. Namun akan lebih baik jika Anda membuat 3 kamar tidur pada lantai 2.

  • Rumah Konsep Minimalis dengan 3 Lantai

Mungkin Anda adalah tipe orang yang sedang merintis usaha. Namun ingin menjadikan rumah sebagai kantor sekaligus. Maka konsep rumah yang bisa Anda gunakan adalah rumah dengan 3 lantai.

Dimana lantai dasar bisa Anda gunakan sebagai ruang tamu, ruang kerja, termasuk dengan toilet. Sedangkan pada lantai dua bisa Anda manfaatkan sebagai dapur dan juga ruang keluarga. Kamar tidur utama dan kamar tidur anak bisa Anda masukkan ke area lantai tiga.

Dengan penataan yang cukup bagus tentunya rumah Anda akan nyaman sebagai kantor maupun sebagai rumah pribadi.

6.     Rumah Satu Lantai dengan 3 Kamar Tidur

Punya lahan yang terbatas? Tenang, Anda tetap bisa membuat rumah dengan 3 kamar dalam satu lantai. Walaupun ukuran ruang kamar tetap akan lebih kecil.

Namun jika menggunakan furniture pendukung dengan penataan ruang yang lebih tepat, kesan tidak sempit pun bisa terwujudkan. Konsep ini sangat cocok diaplikasikan bagi Anda yang memiliki 2 orang anak.

  • Rumah Satu Lantai dengan 1 Kamar Tidur

Kesan luas akan tetap tercipta pada rumah satu lantai jika hanya menggunakan 1 kamar tidur. Rumah ini sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki buah hati. Tentunya penataan ruangan juga harus tetap diperhatikan.

Keuntungan yang bisa diberikan oleh konsep ini adalah ukuran kamar tidur akan terlihat lebih besar dibandingkan konsep rumah satu lantai 3 kamar. Bahkan ruang tamu yang ada di dalam rumah Anda juga akan memiliki ukuran yang lebih besar. Hal tersebut sangat berguna ketika Anda memiliki tamu dari luar dengan jumlah yang banyak.

  • Rumah Satu Lantai dengan 2 Kamar Tidur

Desain rumah minimalis yang terakhir adalah rumah satu lantai yang memiliki 2 kamar tidur. Anda bisa mencoba untuk membuat 2 ukuran kamar tidur yang berbeda. Dimana ukuran kamar tidur utama lebih besar dibandingkan dengan ukuran kamar tidur anak.

Sedangkan untuk tata letak untuk ruang tamu bisa Anda jadikan satu dengan dapur. Tentunya Anda bisa memanfaatkan sebuah sekat yang digunakan sebagai media pemisah. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan konsep ini, maka penataan ruang memang harus diperhatikan dengan benar.

Beberapa konsep desain rumah minimalis diatas bisa Anda jadikan acuan. Tentunya setiap konsep memiliki keunggulannya masing-masing. Bahkan jika Anda berani bereksperimen, maka Anda bisa mencoba untuk menggabungkan beberapa konsep di atas menjadi satu.

Perlu Anda ingat kembali bahwa rumah minimalis memang selalu keterkaitan dengan lahan terbatas. Penataan ruang yang teratur dan penggunaan furniture yang tidak terlalu memakan tempat bisa menimbulkan kesan luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *